swndi dan kaku

 Suatu saat saya pernah berpapasan dengan seseorang yang bertanya dimana mencari obat jari tangan kaku tidak bisa ditekuk?. Saya tidak ngerti, malah bingung ditanya begitu. 

Akhirnya saya jawab tidak tahu karena memang saya benar - benar tidak tahu apa - apa. Saya hanya tukang bersih kalau ditanya obat sendi ya bingung parah. Entah, gak mudeng sama sekali. 

saya minggu depannya sejak peristiwa itu, ada teman dokter yang datang. namanya zana. Kami pertama kali akrab saat dulu di jakarta. Dia orang minang. 

zana seorang dokter di salah satu rumah sakit ternama di Jakarta. ketimbang saya, dia seorang dokter yang bisa saya tanya tentang apapun apalagi tentang sendi. 

Katanya, sendi merupakan bagian penting bagi manusia. kalau tidak ada sendi, akan sangat sulit bergerak. kenapa? karena sendi merupakan bagian penghubung tulang. 

jadi karena sendi ini, kita dapat beraktivitas bebas tanpa hambatan. tidak mengalami sakit saat menekuk, berlari, dan melakukan aktivitas lainnya. 

hal tersebut, kata zana, yang memiliki fungsi sebagai pelumas sehingga gerak tulang kita tidak ada hambatan dan tidak merasa sakit sama sekali. 

kemudian saya tanya lagi ke zana, “ Kalau cairan sinovial itu tidak ada bagaimana?”

[teman saya itu menjawab|dijawab zana}, berkurang sedikit saja bisa menyebabkan sakit luar biasa lebih - lebih tidak ada. 

makanya sendi mempunyai peran yang vital. saat sendi tidak mengalami peradangan, sendi dapat bergerak semaunya. tapi kalau sudah sakit, rasanya mau istirahat saja. tidak mau kemana - mana. 

dan benar saja kalau sendi sudah sakit, aktivitas yang kita kerjakan pun sedikit. mau apa saja susah dan terkendala. 

macam - macam kendalanya, ada yang mampu beraktivitas karena ringan, artinya masih bisa bergerak tapi terbatas. ada juga yang benar - benar istirahat total. geraknya sedikit sekali dan tidak mampu kemana mana sehingga cukup diam di kamar saja. 

Gabut juga apa - apa harus gimana. hanya di tempat. semua serba terbatas. bergerak pun tidak nyaman. 

 

dan demikianlah peran penting sendi. rupanya sendi mempunyai banyak hal penting untuk diri kita. bisa beraktivitas sebebas ini juga karena fungsi sendi kita sesuai tanpa kurang apapun. 

Ada banyak hal baik yang dapat kita lakukan dengan sendi. mau kemana saja siap dan ayo saja. 

Sendi sehat itu yang nomer satu. Repot kalau sendi nya bermasalah. tidak mau diajak kerjasama. yang semestinya kita bisa pergi jauh, sekarang pasrah|kini hanya bisa} istirahat saja. 

Sebelum kita bicara jauh tentang sendi, saya akan memperkenalkan zana dahulu. Dengan ilmu medis yang dimilikinya, saya kira bisa banyak orang terbantu dengannya. 

Zana orang yang supel. awal kali bertemu, orangnya humble dan manis senyumnya. Apalagi jika sudah terkembang senyumnya, garis wajahnya semanis madu dan menawan. 

Lembut sekali kata - kata yang keluar dari zana, jika berbicara seolah berbisik tapi jelas. suaranya empuk dan menentramkan. Kalau sudah berbicara, seolah angin yang menyapu wajah kita, adem dengernya. 

Wajah zana cantik sekali bagai purnama yang terang benderang. seterang itu namun tak silaukan mata yang memandang. Dipandang menentramkan, semakin dipadang semakin bergejolak rindu, semakin dalam kenangannya, semakin harus hati yang merasakannya. 

Sentuhan tangannya lembut, halus kulitnya sebagaimana tutur katanya. Jika menggapai punggung tangan, seperti menggapai sesuatu yang tidak mau dilepas apapun sebabnya. 

Zana seorang murah hatinya lagi dermawan. Suka menderma orang kesusahan, kemudian dari tangannya akan memberi tidak seberapa tapi amat berharga 

Kembali ke sendi, 

Apa Saja Yang Membuat sendi Sakit?

Ada banyak hal yang membuat sendi sakit. Bukan hanya satu, tapi berbagai sebabnya. Dan kali ini kita akan mengupasnya sebagian. 

Dan berikut ini adalah penyebab sendi sakit:

 

Radang Sendi

Pernah mengalami radang sendi? misal pernah sakit sendi tapi tidak tahu apakah sakit yang dirasakan ialah sakit radang sendi atau bukan, kamu dapat mencari tahu pemaparan teman saya ini berikut. 

Radang sendi biasanya menyebabkan bengkak dan ada sensasi panas di bagian yang radang. Rasanya campur aduk seperti nyut - nyutan. Seperti darah tidak mengalir dan hanya berkutat disitu saja. 

Radang sendi sangat mungkin dialami siapapun. Mau tua, muda dan yang kuat atau lemah tetap mempunyai resiko terkena peradangan sendi. 

Umumnya menyerang yang telah menginjak usia lanjut dan mempunyai pekerjaan berat. 

Yang memiliki usia lanjut berarti orang tua yang usianya sudah diatas 50 tahun keatas. Jika tidak dijaga keseimbang bisa terkena radang sendi. 

Orang tua biasanya mudah terpeleset. Entah karena hal sepele atau karena kekuatan untuk menopang yang mulai menurun, Dan juga mereka rentan sekali mengalami radang sendi ini. 

Selain orang tua, mereka yang mengerjakan aktivitas berat juga punya potensi terkena radang sendi ini. Contoh sederhana orang yang menjadi atlet angkat besi. 

Bayangkan mengangkat berat segede itu yang capaian bebannya hingga ratusan kilo tapi diangkat tanpa bantuan dan hanya menggunakan tangan kosong. 

Kalau tidak tepat mengangkatnya bisa terkena radang sendi. Dan akhirnya sakitnya luar biasa. 

Selain olahraga angkat besi, ada juga olahraga lari yang memungkinkan berpeluang mengalami radang sendi. Saat berlari bisa mendadak mengalami radang sendi. 

Pebasket juga begitu, punya peluang tinggi terkena radang sendi. Untuk itu harus hati - hati agar tidak terkena radang sendi. 

Karena kalau sudah terkena r adang sendi, sakit tak tertahankan dan mudah kambuhan. Siapa pun pasti menolak jika terkena sakit yang mudah kambuhan. iya kan?



Inilah makanMakanan Yang Baik Untuk Sendi

Untuk mengatasi sendi, bukan hanya konsumsi obat saja. tapi konsumsi makanan yang baik untuk sendi juga merupakan salah satu untuk mengobati sendi. 

Jika kita sering konsumsi makanan yang baik untuk sendi, maka otomatis sendi kita juga akan sehat. Kalau sehat, aktivitas pun lancar tanpa kendala. Sebanyak apapun mobilitas kita akan tetap mendukung. 

Jadi, Kalau sejak awal kamu berpikir bahwa apa yang kita makan tidak berpengaruh, pendapat kamu tentu tidak berdasar. nyatanya apa yang kita makan sangat berpengaruh sekali terhadap kondisi suatu penyakit. 

Kalau kita sering makan makanan tersebut, saat kita sakit sendi pun secara bertahap akan membaik dan terkondisikan. Makanan tersebut juga mengandung zat yang baik untuk membantu mengobati sendi yang bermasalah. 

Nah, yuk ketahui apa saja makanan yang baik untuk sendi. Harapannya ketika kamu bisa membedakan jenis makanan apa saja yang baik untuk sendi, kamu bisa mulai mengkonsumsinya. 

Jangan sampai sudah tahu kalau makanan ini baik untuk sendi tapi malah tidak mau mengonsumsinya. Lalu untuk apa jika seperti itu?. Pada akhirnya nanti akan menjadi sia - sia dan kondisi pun tidak akan berubah. kamu akan tetap seperti itu. 

Kamu akan selalu berkeluh kesah seperti biasa kalau sendi sakit. apa - apa mengeluh dan mengaduh. Bahkan saking tidak bisa menahan sendi yang sakit akhirnya keluar air mata menahan sakit. 

 

Dibawah ini makanan yang baik untuk sendi:

Makanan berwarna

Makanan berwarna seperti anggur, jeruk, bluebery, strowebery dan macam - macam buah lainnya sangat baik untuk sendi. Kamu bisa konsumsi rutin salah satu dari buah yang direkomendasikan. 

enak sebenarnya.. konsumsi buah tapi dapat dalam saktu waktu mengobati dan mencegah sakit sendi. Mending begitu daripada musti banyak minum jenis obat. Rasanya pahit, efek sampingnya mengkhawatirkan seperti ginjal dan hati

Banyak buah yang ditemui diatas mudah ditemui. Coba saja pergi ke pasar terdekat atau tempat jual buah pasti ada dimana - mana. Andai rumah kamu ada di lereng perbukitan, buah semisal strabery bisa kamu petik dan tanam disana dengan baik. 

Untuk jenis buah yang umum bisa juga ditanam di pekarangan rumah seperti beli buah dalam pot dan taruh di depan rumah. Umumnya, tanaman buah dalam pot berbuahnya bisa cepat karena cara tanamnya dengan melalui proses cangkok. 

 

Susu

Selanjutnya konsumsi yang bagus untuk sendi adalah susu. susu bagus untuk sendi dan tulang karena di dalam susu terkandung kalsium tinggi.

Konsumsi susu apapun. baik susu kambing maupun susu sapi semua sama saja kayaa akan kalsium tinggi. tapi untuk yang alergi laktosa bisa konsumsi susu kambing. 

susu kambing rendah laktosa sehingga mudah dicerna dan tidak menyebabkan diare. lebih - lebih anak kecil, susu kambing bersahabat untuk umur tersebut. 

susu kambing juga kadar gizinya mendekati asi. saran saja untuk para ibu yang bayinya diberi susu sambung, ada baiknya untuk memberikan susu kambing saja dibanding susu sapi. 

 

Vitamin D

Terutama untuk tulang, konsumsi vitamin D adalah kewajiban karena vitamin D sangat dibutuhkan tulang. Fungsi vitamin D untuk memperkuat tulang. 

 

Lalu dimana memperoleh vitamin D?

tidak perlu bingung dimana mencari vitamin D karena bisa di dapat dengan sangat gampang dan gratis. Kuncinya, harus rajin. 

Vitamin D didapat dari sinar matahari. mudah bukan?!

Saat matahari mulai terbit naik sedikit cobalah untuk keluar rumah dari jam 7 - 8 pagi, lalu biarkan sinar matahari mengenaimu pada rentang jam tersebut. 

Tips terbaik menghasilkan vitamin D berjemur setiap pagi. 

 

Itu tadi cara untuk mengatasi keluhan sendi. tidak perlu kesana - kemari mencari obat keluhan sendi seperti obat jari tangan kaku tidak bisa ditekuk serta obat untuk keluhan sendi lainnya.


Posting Komentar untuk "swndi dan kaku"