Cara sembuhin sendi

 

Pernah ada orang yang mendatangi saya dan bertanya obat jari tangan kaku saat ditekuk carinya dimana ya…. Lalu antara bingung dan bimbang saya menjawab tidak tahu. 

Udah gak ngeri banget, ya sudah dijawab  begitu. Saya hanya tukang bersih kalau ditanya obat sendi ya Blank dong. Entah, gak mudeng sama sekali. 

tapi satu pekan setelah itu saya berjumpa dengan teman saya yang dokter. namanya zana. Kami bertemu di Jakarta dulu. Dia orang minang. 

zana seorang dokter di salah satu RS besar di Jakarta. daripada saya, dia adalah tenaga kesehatan yang bisa saya tanya tentang apapun terutama tentang sendi. 

Katanya, sendi adalah bagian penting bagi manusia. tanpa adanya sendi, akan sangat susah bergerak. kenapa? karena sendi merupakan bagian penghubung tulang. 

jadi karena sendi ini, kita dapat bergerak bebas tanpa ada masalah. tidak mengalami sakit saat menekuk, berlari, dan melakukan aktivitas lainnya. 

hal itu, kata zana, yang memiliki fungsi sebagai pelumas dengan begitu gerak tulang kita menjadi lancar dan tidak ada keluhan sama sekali. 

lalu saya tanya lagi ke zana, “ Lalu bagaimana kalau cairan sinovial tidak ada?”

[teman saya itu menjawab|dijawab zana}, sedikit saja kekurangan bisa menyebabkan sakit luar biasa apalagi tidak ada. 

makanya peranan sendi itu sangat penting. kalau sendi bebas bergerak, sendi bisa bergerak kemana saja sesuai keinginan. tapi kalau sudah sakit, kayaknya pengen istirahat saja. tidak mau kemana - mana. 

memang benar kalau sendi sudah sakit, tidak banyak aktivitas yang bisa kita lakukan. mau apa saja susah dan terkendala. 

banyak macam rintangannya, ada yang bisa beraktivitas karena ringan, maksudnya masih bisa melakukan sesuatu tapi geraknya tidak leluasa. ada juga yang benar - benar istirahat total. tidak bisa bergerak dan hanya bisa diam saja dirumah. 

Gabut juga apa - apa harus gimana. tidak bisa kemana - mana. semua serba terbatas. bergerak pun tidak nyaman. 

 

dan begitulah pentingnya sendi. rupanya sendi memiliki nilai vital untuk setiap kita masing - masing. bisa beraktivitas sebebas ini juga karena fungsi sendi kita sesuai tanpa kurang apapun. 

Ada banyak hal baik yang dapat kita kerjakan dengan sendi. mau kemana saja siap dan ayo saja. 

Sendi sehat itu yang nomer satu. Repot kalau sendi nya bermasalah. tidak bisa diajak kerjasama. yang semestinya kita bisa pergi jauh, sekarang pasrah|kini hanya bisa} istirahat saja. 

Sebelum kita bicara jauh tentang sendi, saya mau cerita dahulu tentang zana teman saya ini. Dengan ilmu medis yang dimilikinya, saya kira bisa banyak orang terbantu dengannya. 

zana orangnya baik banget. awal kali jumpa, orangnya humble dan lembut ketika senyum merekah. Apalagi jika sudah terkembang senyumnya, garis wajahnya semanis madu dan menawan. 

Suara Zana lembut sekali, berbicaranya seolah berbisik padahal jelas. suaranya empuk dan menentramkan. Kalau sudah berbicara, seperti angin yang menyapu wajah kita, adem dengernya. 

Paras zana cantik sangat bagai purnama yang terang benderang. seterang itu tapi tidak menyilaukan. Dipandang menentramkan, semakin dipadang semakin bertambah rindu, semakin tinggi kenangannya, semakin pula melibatkan hati yang ikut meleleh. 

Lembut saat kedua tangannya menyapa kulitku, halus budi halus pula tutur kata. Jika bersentuhan tangan kami,, seolah menggapai sesuatu yang tidak mau dilepas apapun sebabnya. 

Zana seorang yang bermurah hati. Suka menolong orang kesusahan, lalu dari tangannya akan menghulurkan seberapa tapi amat berharga 

Kita ke sendi, 

Apa Saja Yang Membuat sendi Sakit?

Banyak variabel yang membuat sendi sakit. Bukan hanya satu, tapi berbagai sebabnya. Dan pada kesempatan ini kita akan membahasnya sebagian. 

Dan penyebab sendi sakit:

 

Radang Sendi

Pernah mengalami radang sendi? misal pernah sakit sendi hanya saja bingung apakah sakit yang dirasakan bernama sakit radang sendi atau bukan, kamu dapat mencari tahu penjelasan teman saya ini berikut. 

Radang sendi biasanya menyebabkan bengkak dan rasa panas sensasi. Rasanya sakit seperti nyut - nyutan. Seperti darah tidak mengalir dan hanya berkutat disitu saja. 

Siapa saja bisa mengalami radang sendi Untuk Sendi

Untuk mengatasi sendi, bukan hanya menggunakan obat saja. tapi konsumsi makanan yang baik untuk sendi juga bagian dari salah satu untuk mengobati sendi. 

Misal dalam waktu lama kita konsumsi makanan yang baik untuk sendi, maka otomatis sendi kita juga akan sehat. Kalau sehat, apapun yang ingin kita lakukan pun bisa terpenuhi tanpa kendala. Sebanyak apapun mobilitas kita akan tetap mendukung. 

Jadi, jika selama ini kamu berpikir bahwa apa yang kita makan tidak berpengaruh, pendapat kamu tentu tidak berdasar. ternyata makanan sangat berpengaruh sekali terhadap kondisi suatu penyakit. 

Kalau kita sering makan makanan tersebut, saat kita sakit sendi pun pasti perlahan akan semakin baik dan baik. Apa yang kita makan pasti terdapat nutrisi yang dibutuhkan untuk membantu mengobati keluhan sendi kita. 

Nah, yuk kenali apa saja makanan yang baik untuk sendi. Harapannya ketika kamu mengetahui jenis makanan yang sesuai dan baik untuk sendi, kamu bisa mulai mengkonsumsinya. 

Jangan sampai sudah tahu kalau makanan ini baik untuk sendi tapi justru malas untuk mengonsumsinya. Lalu untuk apa jika seperti itu?. Pada akhirnya nanti akan menjadi sia - sia dan kondisi pun tidak akan berubah. kamu akan tetap seperti itu. 

Kamu akan tetap mengeluh kalau sendi sakit. apa - apa mengeluh dan mengaduh. Bahkan sampai kesakitan menahan sendi yang sakit akhirnya air mata jatuh menahan sakit. 

 

Ini dia makanan yang baik untuk sendi:

Makanan berwarna

Makanan berwarna seperti anggur, jeruk, bluebery, strowebery dan macam - macam buah lainnya sangat baik untuk sendi. Konsumsi secara rutin salah satu dari banyak buah yang disarankan. 

enak sebenarnya.. konsumsi buah tapi bisa sekaligus mengobati dan mencegah sakit sendi. Mending begitu daripada musti banyak minum jenis obat. Rasanya pahit, efek sampingnya ke ginjal juga mengkhawatirkan, dan lainnya

Banyak buah yang ditemui diatas mudah ditemui. Coba saja pergi ke pasar terdekat atau tempat jual buah pasti ada dimana - mana. Jika kamu tinggal di area pegunungan, buah seperti strabery bisa kamu petik dan tanam disana dengan baik. 

Untuk jenis buah yang umum dengan mudah ditanam di pekarangan rumah seperti tabulambot dan letakkan di pekarangan rumah. Biasanya tabulampot berbuahnya bisa cepat karena metode penanamannya dengan cara di cangkok. 

 

Susu

Selanjutnya konsumsi yang bagus untuk sendi adalah susu. susu baik untuk sendi dan tulang karena di dalam susu terkandung tinggi kalsium.

Terserah mau minum susu apa. baik susu kambing maupun susu sapi semua sama saja mengandung kalsium. tapi untuk yang alergi laktosa bisa konsumsi susu kambing. 

susu kambing rendah laktosa dengan begitu pencernaan kita akan mudah menerima dan aman untuk diare. lebih - lebih anak kecil, susu kambing bersahabat untuk umur tersebut. 

susu kambing juga kadar gizinya mendekati asi. sehingga bagi ibu yang anaknya masih memakai susu sambung, sebaiknya diberi susu kambing saja daripada susu sapi. 

 

Vitamin D

Terutama untuk tulang, konsumsi vitamin D menjadi keharusan karena vitamin D sangat dibutuhkan tulang. Vitamin D memiliki fungsi untuk menguatkan tulang. 

 

Lalu dimana memperoleh vitamin D?

jangan khawatir dimana mencari vitamin D sebab nutrisi tersebut diperoleh dengan sangat gampang dan gratis. Kuncinya, harus rajin. 

Vitamin D diperoleh dari sinar matahari. murah bukan?!

Saat matahari mulai terbit naik sedikit cobalah untuk keluar rumah dari jam 7 - 8 pagi, kemudian berjemur pada rentang jam tersebut. 

Cara terbaik mendapat vitamin D berjemur setiap pagi. 

 

Itulah diantara tips untuk menangani keluhan sendi. tidak perlu kesana - kemari mencari obat keluhan sendi seperti obat jari tangan kaku saat ditekuk dan obat untuk masalah sendi lainnya.


Posting Komentar untuk "Cara sembuhin sendi"